Apple dikabarkan membebankan biaya sampingan kepada pengembang yang mempublikasikan di luar AppStore.

Apple tampaknya berusaha mencapai akhir Maret di mana mereka harus menawarkan opsi pengunduhan sebagian untuk iPhone serta metode pembayaran lainnya. Apple selama ini dikenal tidak mau membuka fitur privasi dan keamanannya.

Namun dengan diberlakukannya Digital Markets Act di Eropa, mau tidak mau Apple akan mengikuti peraturan pemerintah yang berlaku saat ini. Namun, seperti laporan sebelumnya, ada laporan bahwa transfer ke iPhone mungkin tidak terjadi seperti yang diharapkan semua orang. 

Apple akan membebankan biaya tambahan kepada pengembang ketika mereka merilisnya di luar AppStore

Menurut laporan dari Wall Street Journal, Apple mungkin mempersulit pengembang untuk menginstal opsi instalasi sebagian di luar AppStore. Masalahnya, Apple dikabarkan memungut biaya dan meninjau aplikasi sebelum diizinkan untuk diunduh.

Dengan cara ini Apple akan kehilangan 30% dari biaya AppStore, dan dengan penambahan biaya masuk seperti ini, mustahil hasilnya tidak akan berbeda. Tindakan Apple sebenarnya bertentangan dengan tujuan pembentukan DMA di Eropa. Namun tampaknya tindakan Apple saat ini tidak secara langsung melanggar aturan DMA. Hal ini wajar karena undang-undang baru ini masih sangat kompleks dan akan diperbarui seiring berjalannya waktu. Dengan demikian, apel selalu dapat melarikan diri dengan cara ini dalam waktu dekat.

Laporan WSJ juga mengatakan bahwa Apple akan mengambil perubahan ini setidaknya sebelum Maret tahun ini. Artinya, ada kemungkinan pengguna iPhone bisa menikmati sideloading meski di iOS 17.4.

Apa itu pengunduhan aplikasi?

Jadi, apa itu pemuatan sebagian? Seperti yang kita ketahui, di perangkat Android, Anda diperbolehkan mengunduh dan menginstal aplikasi di luar PlayStore yang disediakan oleh Google.

Peristiwa ini disebut pemuatan samping. Yang berbeda dengan lingkungan Apple, bisa dikatakan parsial download tidak tersedia untuk iPhone sekelasnya. Jadi, jika suatu saat Apple menghapus aplikasi dari AppStore-nya, konsumen tidak bisa lagi mengunduh aplikasi tersebut karena tidak ada cara lain. Apa pendapat Anda tentang mendorong sisi kekuasaan Apple? Apakah aman dan terjamin? Atau ini hanya tipuan Cupertino?