Sutradara Diablo 4 merekomendasikan agar pemain berhenti bermain terlebih dahulu jika bebannya terlalu berat.

Diablo 4 Director Joseph Piepiora – Blizzard akhirnya memperluas konten Diablo 4 dengan merilis Season of the Malignant. Perilisan season baru ini membuat banyak pendatang baru ketakutan setelah mengetahui bahwa mereka harus membuat Karakter untuk memainkan Season Pass mereka. Tentu saja, untuk penggemar lama, seri ini tidak lagi mengejutkan, tetapi mengingat Diablo 4 adalah rilis franchise terbesar dan tersukses, kedatangan banyak pemain baru tidaklah mengejutkan.

Sutradara Diablo 4 Sarankan Stop Dulu Bermain Jika Memang Sudah Jenuh

Nyatanya, mengulang karakter dari awal membuat banyak pemain malas, apalagi di akhir game dianggap lama, apalagi saat sudah masuk level 80 ke atas. Hal ini mendorong pelatih kepala Joseph Piepiora menyarankan para pemain untuk berhenti menari jika lelah. Dari live streaming developer di Gamesradar+, Joseph mengatakan jika pemain sudah menyelesaikan semua konten game, disarankan untuk berhenti bermain untuk sementara waktu.

Ia paham bahwa proses grinding Diablo atau bahkan ARPG pada umumnya membosankan dan tidak perlu bekerja terus menerus. “Ketika Anda telah mencapai tujuan Anda dan semua yang Anda butuhkan, istirahat, itu bagus… kami akan melakukan hal yang sama.

Ketika musim baru tiba dan Anda memiliki banyak hal baru untuk dijelajahi, inilah saat yang tepat untuk kembali… saatnya untuk kembali.” kembali dan alami Diablo 4. Joseph Piepiora

Dia juga menjelaskan bahwa waktu adalah ketika semua orang pulang dari apa pun. Oleh karena itu, tidak ada yang memaksa Anda untuk bermain kapan saja

Sutradara Final Fantasy XIV Juga Pernah Beri Saran Serupa

sutradara

Hal serupa pernah disampaikan oleh sutradara sekaligus produser dari Final Fantasy XIV yakni Naoki Yoshida. Dia juga pernah menyarankan pemain untuk berhenti pemain jika mulai jenuh dan kehabisan konten untuk dilakukan.

Dia tidak memaksa orang untuk setiap hari login ke game MMO mereka dan lebih menyarankan untuk kembali ketika memang mau atau ada update konten dirilis.

MMO dan ARPG seperti Diablo 4 memiliki kesamaan di mana progres pemain adalah hasil dari grind mereka. Semakin lama grinding, semakin tinggi juga progres karakter mereka. Namun pada akhirnya, jika pemain mulai jenuh, tak dapat dipaksakan lagi.

Hal ini menarik melihat banyak game serupa lainnya akan mendorong dan mencari segala cara agar pemain mau login setiap hari di game mereka lewat berbagai taktik FOMO (fear of missing out) untuk memaksimalisasi profit.

Meskipun sarannya baik, game ini masih membutuhkan banyak perubahan untuk membuat pemain ingin terus kembali di tiap season khususnya pada tahap endgame dan juga sistem looting yang kurang memuaskan.