Review Metal Slug: Awakening – Mission Starts, Mabar Seru Tiap Hari!

Metal Slug: Awakening – Gamer mana yang tidak mengetahui franchise Metal Slug? Iya, game di mana kita harus menembak musuh dan alien itu lho. Menembak sembari menghindari atau bermanuver supaya peluru tidak mengenai karakter yang kita gunakan, rasanya adalah keseruan yang tidak terlupakan di masa kecil, ‘kan?

Kalau kalian merupakan gamer veteran, mestinya kalian masih ingat momen di mana kalian harus antri mesin arcade di pusat hiburan, memainkannya di konsol yang kalian miliki, atau bahkan rental demi mencicipi keseruan yang ditawarkan game ini.

Apa itu Metal Slug Awakening? Game mobile dari SNK yang dipublikasikan oleh Tencent dan VNGGames ini mengusung model free-to-play dan gabungkan genre Action RPG dan Run and Gun game demi menciptakan gameplay yang menjadi ciri khasnya.

Penulis akan berikan ulasan berdasarkan pengalaman pribadi saat memainkan game Metal Slug: Awakening ini.

Review Metal Slug: Awakening

Story Metal Slug Mobile

Gak usah berlama-lama, yuk kita mulai saja ulasan atau review Metal Slug Awakening ini bersama penulis! Mission Starts!

Story

Mission Start Metal Slug

Kisah dibalik terciptanya Metal Slug tetap sesuai dengan Metal Slug asli yang kita kenal. Permainan dimulai dengan mengendalikan Marco Rossi, karakter berambut pirang dari seri Metal Slug, dan Anda akan melihat karakter lain saat bermain.

Meski sederhana, game ini memiliki cerita yang dapat dibagi menjadi misi utama, misi sampingan, dan pelajaran yang masing-masing memiliki permasalahannya masing-masing. Selain itu, cerita yang menarik dan teks dialog ala RPG akan menambah daya tarik game ini.

Selain mampu menampilkan visual yang lebih baik, game ini juga meningkatkan interaksi sehingga membuat Metal Slug: Awakening sangat dinantikan oleh para pemainnya.

Baca juga:

Pembocor Starfield ini tiba-tiba masuk penjara

Gameplay

Gameplay Klasik Ala Metal Slug

Tidak hanya menawarkan alur cerita atau Story yang tentunya sesuai dengan game aslinya, namun SNK selaku pengembang game ini ternyata juga tertarik untuk menyumbang bermacam mode untuk menambah keseruan gamer dalam memainkan game ini.

Bedanya, di game ini karakter tidak akan langsung mati bila terkena tembakan, dan telah  diganti dengan model Health Bar yang disesuaikan dengan Level dan Equipment yang dikenakan.

Kontrol Di Metal Slug Awakening Dengan Analog

Walau dirancang khusus untuk dapat dimainkan di smartphone, namun tetap saja gameplay-nya masih ikonik – tembak-menembak 2D bergaya side-scroll. Bedanya, game tersebut kini gunakan analog dengan bermacam tombol yang sudah disesuaikan untuk gamer zaman now. Menembak, merunduk, menghindar, semua bisa dilakukan dengan mudah.

Selain itu, game ini menawarkan setidaknya 12 karakter dari bermacam seri Metal Slug yang kalian kenal, termasuk Marco yang langsung diberikan pada awal permainan. Karakter lain yang dapat kalian buka seiring proses permainan adalah Fio Germi, yang dapat kalian unlock saat tingkat kepercayaannya menyentuh 150.

Metal Slug Mobile Fio

Menariknya, karakter tersebut dapat kita masukkan ke dalam tim yang terdiri dari tiga karakter, yang langsung dapat kalian gonta-ganti kapanpun kalian inginkan atau yang gamer kenal dengan Swap Character, dengan senjata yang telah kalian tentukan sebelumnya tentunya.

Kendaraan yang mungkin kalian sukai juga dihadirkan di dalam game ini. Mulai dari pesawat, tank, unta, bahkan sampai jet pack pun juga tidak lupa dimasukkan ke dalam game ini demi mempersembahkan pengalaman bermain yang tidak terlupakan.

Contoh Flashback Mode Di Metal Slug Mobile

Tidak cukup sampai di situ, untuk membuat game ini semakin menarik adalah dengan dimasukkannya Flashback Mode, di mana mode ini mampu mengundang rasa nostalgia para pemain lama dengan menyajikan konten dari game lama yang kini dikemas dalam grafis kekinian.

Untuk tingkat kesulitannya pun bermacam-macam, dengan fokus utamanya adalah menyajikan cerita dengan lebih imersif.

Banyak Fitur Menarik untuk Memacu Adrenalinmu!

Fitur Menarik Di Metal Slug Mobile

Selain Story, kalian dapat memainkan mode lainnya semacam Joint Operation, Karnaval Arkade, Hot Pursuit, Ultimate Arena, Maze, Prime Showdown, Shooting Range, dan Limited-Time Event.

Jangan khawatir, penulis akan menjelaskan satu per satu mode tersebut secara singkat, mana tahu kalian penasaran dengan mode yang ditawarkan dari game Metal Slug Mobile ini.

1. Joint Force     

Dalam mode Joint Force, gamer diharuskan untuk membuat tim berisi tiga orang – menyatukan kekuatan untuk mengalahkan boss yang menghadang. Dalam mode Joint Force, gamer harus bekerja sama dalam menyusun strategi untuk meraih kemenangan.

Mulai dari pemilihan hero, upgrade, senjata, dan tentunya senjata supaya lebih memudahkan gamer dalam menyelesaikan tantangan yang diberikan. Mode ini juga menawarkan Hard Mode, bila mana gamer membutuhkan tantangan lebih.

2. Karnaval Arkade

Bisa dibilang mode Karnaval Arkade ini merupakan mode yang lumayan seru dan menantang, di mana gamer diharuskan menyelesaikan setidaknya empat stage dalam satu waktu. Yang membuat mode ini makin menantang terletak pada objektif yang berbeda-beda antar stage, yang berarti pemilihan hero dan skill harus sesuai supaya tidak salah langkah.

Namun, bila kalian berhasil menyelesaikan mode ini, kalian akan mendapatkan banyak sekali hadiah, mulai dari EXP Card, koin, sampai Chip untuk menaikkan level senjata yang kamu miliki. Jujur, mode ini merupakan salah satu mode terbaik yang menarik untuk dimainkan.

3. Hot Pursuit

Mode Hot Pursuit adalah mode di mana kita akan mendapatkan efek buff yang mampu memperkuat karakter kalian dalam menaklukkan stage yang ada. Terdapat lima buff yang mampu memudahkan kalian, di antaranya Summon, Barrage, Skill, CRIT, dan Black Hole yang masing-masing memiliki peruntukannya sendiri untuk dapat efektif.

Salah satu buff yang penulis suka adalah Summon, di mana buff ini tidak terlalu ‘memudahkan’ pemain, dan masih bolehkan para pemain untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki. Tentu saja bermacam hadiah menarik menanti kalian yang berhasil menaklukkan mode ini.

4. Ultimate Arena

Kalau kalian ingin adu mekanik, mungkin kalian akan tertarik dengan mode Ultimate Arena. Mode ini bolehkan kalian untuk adu mekanik dengan pemain lainnya dengan gunakan tiga karakter dan satu kendaraan yang kalian miliki.

Mode Ultimate Arena akan berlangsung secara otomatis, jadi kalian harus memastikan telah gunakan kombinasi karakter dan senjata yang tepat untuk dapat menduduki peringkat teratas. Kalau kalian termasuk aktif di mode ini, kalian akan mendapatkan Koin Arena yang dapat kalian tukarkan dengan bermacam item menarik di Toko.

5. Maze

Tidak tertarik dengan mode PvP? Gak masalah! Karena Metal Slug Awakening juga menjawab kebutuhan gamer yang ingin tantangan lebih dan tidak terfokus pada PvP saja melalui mode Maze.

Dalam mode Maze, kalian diharuskan untuk mengumpulkan kunci untuk membuka Gudang Morden Army yang berisikan hadiah menarik. Namun, untuk mendapatkannya akan membutuhkan usaha lebih, karena Health Point kalian akan selalu menurun, menjadikan mode iin salah satu mode yang menuntut konsentrasi dan kecepatan.

6. Prime Showdown

Nah, ini nih mode yang mungkin membuat semangat kompetitif kalian menyala. Melalui Prime Showdown, kalian akan berhadapan langsung dengan tim lain dalam PvP 3vs3. Untuk membuat kompetisi semakin panas, kalian dibolehkan untuk akivasi Battle Skill untuk kembali mendapatkan kemenangan.

Dalam mode ini, terdapat tujuh tier, yaitu Bronze, Silver, Gold, Platinum, Diamond, Starlight, dan Emperor. Jadi, kalau kalian ingin adu mekanik yang sebenarnya, tentunya kalian tidak ingin lewatkan kesempatan menjadi yang terbaik di mode Prime Showdown ini.

7. Shooting Range

Bisa dikatakan mode Shooting Range ini memiliki kemiripan dengan Joint Force, di mana tim pemain diharuskan untuk memilih hero dan enam senjata, yang dapat digunakan secara berkala atau waktu tertentu selama level.

Cara memenangkan mode ini adalah dengan memberikan damage sebanyak mungkin dalam waktu 120 detik. Jadi, pastikan kalian telah gunakan kombinasi senjata terbaik, karena salah pilih senjata akan dapat berakibat turunnya potensi kalian memenangkan pertandingan.

8. Limited-Time Event

Sesuai namanya, mode Limited-Time Event ini menawarkan gaya permainan unik dan tersedia dalam waktu terbatas. Salah satu contohnya adalah event “Transformasi Menjadi Pemburu Harta”, yang mengharuskan kalian kumpulkan buah Apel di kota. Menariknya, untuk berpartisipasi kalian wajib gunakan item “Fatty Apple Pie” untuk menjadi gemuk.

Buah Apel yang kita temukan di kota tidak untuk membuat karakter kita gemuk, melainkan untuk ditukarkan dengan bermacam item menarik. Mulai dari fragment untuk membuka hero baru, koin, dan item penting lainnya.

Graphic

Grafik Di Metal Slug Awakening

Urusan Graphic, Metal Slug Awakening ini pastinya sudah disesuaikan dengan perkembangan zaman. Hal tersebut dibuktikan dengan visual yang kini lebih memanjakan mata gamer, tanpa merubah elemen yang mungkin masih kamu ingat betul.

Mulai dari desain karakter, background, stage, dan lain-lainnya mendapat polesan dari sang pengembang untuk dapat menarik minat gamer zaman now yang tertarik ingin mencoba franchise ini.

Pengaturan Grafis Di Metal Slug Mobile

Game ini menawarkan empat pengaturan yang bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari Low, Medium, High, sampai Ultra. Di sini penulis menyarankanmu untuk gunakan Medium atau High karena visual di game ini memang semenarik itu untuk dinikmati sebagai mobile game.

Namun, tidak ada salahnya untuk gunakan pengaturan Low bila prioritas kalian adalah ingin memainkan game ini lebih lama, karena lagi-lagi game ini memang termasuk nagih untuk dimainkan, apalagi bersama teman-teman.

Yang membuat game ini makin menarik untuk dinikmati adalah di mana kita bisa mengeksplorasi kota Metal Slug yang selama ini menjadi jawaban para gamer yang bertanya-tanya bagaimana sih gambaran kota yang dihadirkan di mobile game tersebut.

Awalnya, penulis merasa kota tersebut akan dibuat dalam bentuk 2D saja, dengan NPC di sana-sini yang siap untuk memberikan Quest. Ternyata, kota tersebut digambarkan dengan model 3D ala-ala MMO yang tentunya dapat meningkatkan pengalaman bermain semakin imersif dan menyenangkan.

Sound

Suara Di Game Run And Gun Game Metal Slug

Jujur, musik yang ditawarkan Metal Slug Awakening ini juga benar-benar khas Metal Slug yang kita kenal selama ini. Besar kemungkinan hal ini dilakukan oleh sang pengembang untuk menarik minat gamer yang ingin nostalgia, atau gamer baru yang memang tertarik untuk memainkannya.

Intinya, no comment sih soal Sound yang dihadirkan game Metal Slug Awakening ini, karena jujur saja suara musiknya memang dirancang untuk menyuguhkan sensasi ala Metal Slug yang kita kenal.

Kesimpulan

Metal Slug Awakening Sudah Resmi Dirilis

Setelah memainkan game ini sampai area tertentu, penulis menyimpulkan bahwa Metal Slug Awakening adalah salah satu mobile game yang mampu mengeksekusi bermacam tuntutan nostalgia dari franchise Metal Slug dengan baik.

Ada banyak sekali hal menarik yang dapat kalian lakukan di game ini. Termasuk di antaranya Arkade Karnival yang mampu mengundang nostalgia para gamer veteran saat memainkan game ini.

Bisa dikatakan game ini berpotensi untuk menjadi game Metal Slug Mobile terbaik dikarenakan ada banyak sekali hal menarik yang dapat kalian lakukan di dalamnya. Cukup siapkan smartphone kalian, dan mulai misi yang tentunya akan memacu adrenalin kalian.

Kalau boleh dibilang, keunikan dari game ini terletak pada modelan swap character selama karakter tersebut sudah kalian masukkan ke dalam tim, yang tentunya mampu memberikan sejumlah benefit, terlebih untuk memudahkan konten.

Setelah memainkan game ini, penulis merasa kekurangan dari game ini terletak pada UI-nya yang mungkin cukup membingungkan – entah dikarenakan belum cukup lakukan eksplorasi atau faktor lainnya, namun ternyata simpel bukan selalu mengindikasikan hal baik.

Selain itu, penulis merasa model swap character yang ditanamkan pada game ini dirasa kurang cocok, karena rasanya malah lebih baik untuk menjadikan karakter lainnya lebih aktif dengan menjadikannya bot misalkan ketimbang hanya sebatas menjadi karakter sampingan.

Namun, di luar semua kekurangan yang penulis sebutkan, tidak dapat dipungkiri kalau Metal Slug Awakening ini termasuk salah satu mobile game yang seru untuk dimainkan, terlebih bila dimainkan bersama dengan teman.

Itulah dia review Metal Slug Awakening dari penulis selama mencoba mainkan game terbaru dari VNGGames. Gimana, apakah kalian tertarik untuk memainkannya?