Paragon Games The Overprime sedang mematikan server, apa yang terjadi?

Paragon The Overprime, game yang terbangun dari tidurnya, rupanya bernasib sama dengan pendahulunya, Paragon. Game yang didasarkan pada game tertutup Epic MOBA ini telah mengumumkan skor akhirnya.

Kini, nasib Paragon the Overprime sudah mendekati akhir hayatnya. Beberapa waktu lalu, Netmarble selaku penerbit game ini mengumumkan penutupan game mendatang.

Mengapa Game Paragon The Overprime mematikan server

Awalnya Paragon merupakan game MOBA yang dikembangkan oleh Epic Games pada tahun 2016. Namun sayang, game ini akan ditutup pada tahun 2018 mendatang. Dan beberapa bulan kemudian, aset game ini didistribusikan secara gratis di Unreal Engine Marketplace.

Banyak proyek yang muncul dan mencoba menjadi penerus game ini, salah satunya adalah Paragon: The Overprime, game free-to-play dari Netmarble yang membuka Early Access pada Desember 2022. Dan kini, Netmarble telah mengumumkan penutupan servernya melalui situs resmi game tersebut. “Sejak Akses Awal, Paragon The Overprime masih dalam proses, seiring kami terus mengeksplorasi, mengembangkan, dan memikirkan berbagai cara untuk merespons harapan orang-orang yang berperang dengan kami,” demikian isi drama tersebut. 

“Setelah banyak pertimbangan, kami memutuskan bahwa kami tidak dapat bekerja dengan stabil dan memuaskan di masa depan. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk mengakhiri layanan pada Senin, 22 April 2024,” lanjut pengumuman tersebut. Apakah pengembangan game merupakan perjuangan yang berat?

Walaupun membuat game ini merupakan pengalaman yang luar biasa, namun sayangnya membuat game ini sulit sejak awal jika dianggap sebagai sebuah pertarungan. Versi Epic Games menunjukkan hal yang berbeda, namun sayangnya game tersebut tidak terlalu populer dan Epic kini fokus menjalankan game Fortnite.

Selain itu, masalah lain seperti server dan faktor lainnya menjadi penyebab terhentinya game online ini. Dan Paragon The Overprime sepertinya juga mengalami hal serupa. Selain itu, salah satu gamenya juga menggunakan harta karun yang sama yang merupakan kesalahan: The Elder Orb juga ditutup pada November 2022. Saat ini hanya ada satu game MOBA yang patut menjadi penerus spiritual Paragon, yakni pendahulunya.